Selasa, 25 Oktober 2011

Klepon Ungu







Klepon………..sebagian besar orang jawa (bahkan mungkin Indonesia) mengenal jajanan pasar yang satu ini. Bentuknya bulat dibalut dengan kelapa parut, dan rasanya kenyil-kenyil (= bahasa mantup lamongan ya………..).

Klepon biasa dibuat dari tepung ketan atau juga bisa menggunakan bahan baku ketela. Dan yang lebih umum klepon berwarna hijau muda. Menurutku……..membuat klepon telo jauh lebih mudah dibanding membikin klepon ketan. Karena tanpa takaran khususpun………membuat klepon telo dijamin 99 % sukses. 


Berdasarkan asumsi itulah, aku ingin memanfaatkan telo  yang kudapatkan dari adikku beberapa hari yang lalu ketika dia pulang dari camping di daerah trawas. Dan tentunya klepon kali ini istimewa, karena telonya berwarna ungu. So….aku bisa membuat klepon yang enak, kenyil-kenyil dan dengan warna yang cantik tanpa pewarna makanan. Lebih alami kan………….

Kali ini aku tidak akan membagi resep dengan takaran bahan dan komposisi yang akurat. Karena sebelum membikin klepon ini aku lupa menimbangnya……
Aku hanya mencampurkan telo kukus yang dihaluskan, dengan tepung tapioka (=kanji) sampai adonan tidak lengket di tangan dan bisa di pulung, itu saja.  Jangan lupa tambahkan sedikit garam untuk menimbulkkan rasa gurih. Selanjutnya ambil sedikit adonan dan isi dengan gula merah, bentuk menjadi bulatan-bulatan kecil. Langkah berikutnya tinggal merebus bulatan klepon tadi ke dalam air mendidih sampai terapung, angkat. Nah……..sudah jadi si klepon.
Kita tinggal membalut klepon dalam parutan kepala eh…….keliru……….kelapa.

Hmmmmmmm…………..klepon lezat dan hangat siap untuk disantap bersama keluarga.

Selamat mencoba. Semoga sukses.

2 komentar:

Ririe Khayan mengatakan...

so yummyy...siaaap ut nyicipin ya..hehehe

Dapur Muslim Lamongan mengatakan...

monggo..........tp gk ada delivery order loh....harus mampir k rmh....