Kamis, 13 Februari 2014

Keripik Bayam









Makanan ringan yang enak untuk dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. Bisa dikonsumsi sebagai camilan atau untuk pengganti kerupuk. Di kampung atau pedesaan seperti tempat tinggalku, menemukan bayam bukanlah hal yang sulit. Bayam banyak tumbuh di pekarangan meski tanpa menyemai /menanamnya. Jenis bayam yang digunakan untuk membuat keripik bayam boleh jenis apa saja yang beredar di pasaran, tapi biasanya aku memilih bayam raja (jenis bayam petik) , karena daunnya relatif lebih  lebar dibanding bayam yang dijual di pasar tradisional. Dan tentunya karena bayam raja banyak tumbuh di pekarangan rumahku…(hemat gitu ………..)

Untuk membuat keripik bayam, kita hanya perlu membalut  bayam dengan adonan tepung dan menggorengnya. Begitu sederhana….
Adonan tepung, bisa dibuat sendiri seperti adonan rempeyek yang memakai tepung beras sebagai bahan utama ditambah beberapa bumbu yang dihaluskan. Tapi untuk resep kali ini, aku memilih untuk membuat  adonan dari bahan yang lebih mudah dan lebih cepat pengerjaannya.
 Aku memilih untuk menggunakan adonan yang dibuat dari tepung rempeyek instan yang banyak dijual di pasaran. Bahkan di pasar tradisional atau di warung-warung kampung juga banyak dijual. Tepung jenis ini sudah berbumbu, jadi kita tinggal menambahkan air dan telur.

So…resep berikut boleh dicoba….

Bahan :
                50 lembar             daun bayam, bersihkan
                210 gr                    tepung rempeyek instan
                1 butir                    telor, kocok lepas
                150-170 ml           air
                100 gr                    tepung beras
                700 ml                   minyak goreng

Cara Membuat:
1.       Campur tepung rempeyek instan, air dan telor, aduk rata
2.       Taburi daun bayam dengan tepung beras (sedikit-sedikit saja)
3.       Celupkan satu persatu daun bayam  dalam adonan tepung rempeyek
4.       Goreng hingga coklat keemasan
5.       Angkat, tiriskan,
6.       Simpan dalam wadah kedap udara

Tidak ada komentar: